Konsep Baru Kafe Dan Museum

Standard

Oleh: Raki Ahmad Aulia

Image

Distrik Online, Jakarta – Kafe ini bukan hanya menyediakan menu makanan seperti kafe pada umumnya melainkan menyediakan menu budaya ketimbang kuliner. Newseum Cafe terletak dijalan Veteran 1 No.33, Jakarta Pusat. Kafe ini berbeda dari kafe yang tersebar di daerah Jakarta. News yang berarti kumpulan berita atau informasi dan Museum adalah tempat dimana dikumpulkannya barang bersejarah atau sesuatu yang bernilai penting menyangkut masa lalu.

Tempat ini dijadikan sebagai tempat berdiskusi, berdialog bahkan ditengah ruangan tersedia tempat pameran serta pemutaran film dokumentasi mengenai Indonesia zaman dulu.

Tidak hanya itu dekorasi dari kafe ini sangat menarik. Terlihat dari lemari dan kursinya didesain secara “indie” kemudian dinding kafe juga terpapar media cetak dari zaman tempo dulu hingga sekarang seperti Sinar Hindia, Njala, Pemberita, Medan Prijaji hingga Rakjat Bergerak. Tak semua media-media itu familiar, tentu saja karena sebagian besar memang hanya tinggal nama.

Taufik Rahzen sebagai pemilik Newseum Cafe mengaku gedung ini sangat bersejarah, karena bercerita tentang Indonesia zaman pemerintahan Belanda yang digunakan untuk mengatur media. Nuansa peninggalan-peninggalan sejarah masih asli sehingga dijadikan dekorasi di dalam kafe itu seperti lemari penyimpanan dokumen yang umurnya lebih dari 200 tahun.

Editor: Josephine Inggri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s