Prosesi Air Suci Menuju Borobudur

Standard

image

oleh: Siti Hardiyanti

Distrik Online, Magelang – Prosesi air suci dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur menjadi salah satu rangkaian perayaan Waisak yang paling ditunggu-tunggu. Para biksu dan umat Buddha menyemayamkan air suci dan api abadi Waisak 2013 di altar utama pelataran Candi Mendut, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (25/5) ditandai dengan prosesi dan sembahyang secara khusyuk dan khidmat.

Prosesi tersebut sebagai rangkaian perayaan Tri Suci Waisak 2557 BE/ tahun 2013. Pukul 14:00 iring-iringan dimulai dari Marchingband, rombongan Pancasila seperti bendera Merah Putih, lambang Garuda, dan penampilan baju daerah. Selanjutnya, iring-iringan sesajen, diikuti air suci, kemudian Relik Sang Budha, lalu rombongan Biksu. Sekitar tiga jam berjalan kaki menuju Candi Borobudur, sebagai tujuan akhir yaitu dibawa ke Candi Borobudur untuk diikutsertakan dalam detik-detik Waisak.

 Perlu diketahui bahwa air suci tersebut diambil oleh para biksu dan umat Buddha dari sumber air Umbul Jumprit terletak di Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Proses pengambilan air berkah dilakukan secara bersamaan dengan pengambilan api abadi di Mrapen, Kabupaten Purwodadi, Jawa Tengah.

    Prosesi air suci ini tidak hanya diikuti para umat Buddha saja tetapi masyarakat sekitar dan wisatawan baik lokal maupun internasional turut menghadiri prosesi air suci. Keramaian ini nampak dari sepanjang jalan Candi Mendut hingga pintu masuk Candi Borobudur yang dikawal ketat oleh Kepolisian Yogyakarta-Magelang.

 Editor: Josephine Inggri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s