Grey Art Exhibition : Berdiri diantara Ambiguitas

Standard

Oleh: Namira Daufina

Distrik Online, Jakarta – Abu-abu. Menjadi tema yang diangkat pada art exhibition, GREY, yang digelar di Grand Indonesia sejak 13 Mei hingga 26 Mei 2013 ini. Dengan karya yang sebagian besar didominasi oleh lukisan dan beberapa pahatan, 32 orang seniman ISI Yogyakarta memamerkan karya terbaik mereka.

Terletak di lantai 5 mall yang berdiri persis di seberang patung selamat datang ini kita langsung di sambut oleh poster besar dengan background merah bertuliskan GREY dengan huruf Y terbalik yang berisi nama-nama seniman yang turut serta dalam pameran kali ini. Karya yang dipamerkan kebanyakan adalah lukisan baik dari acrylic, minyak hingga penggabungan beberapa media. Selain itu ditengah-tengah ruang pameran dapat kita temukan pahatan-pahatan baik yang terbuat dari kayu jati dan perunggu.

Pengunjung mall yang sedang melintas pun acapkali menyempatkan diri untuk masuk dan melihat-lihat karya yang ada di ruang pameran tanpa biaya masuk. Sesuai dengan tema dan nama yang diusung, karya yang dipamerkan pun seolah memiliki makna abu-abu, terlihat namun tersirat. Layaknya karya seni pada umumnya, selalu ada makna yang hendak disampaikan, terkadang kita melihatnya sebagai sindiran yang jelas namun tak jarang kita merasa melihat sesuatu yang ambigu.

Seperti salah satu testimoni yang dipajang di sudut ruangan :

“Grey is not all black, it’s not even white, but grey is somehow between black and white. Grey looks as if it is inconsistent, not strict, unclear, is yet seen or unseen, yes or no, or hesitant..” – Yuswantoro Adi.

Editor: Josephine Inggri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s