Beda.Is.Me Untuk Sebuah Keberagaman

Standard
Komunitas Rumpin mengunjungi pameran fotografi yang diselenggarakan oleh LBH Jakarta.

Komunitas Rumpin mengunjungi pameran fotografi yang diselenggarakan oleh LBH Jakarta.

 

Oleh: Josephine Inggri

Distrik Online, Jakarta – 1 Juni moment yang bersejarah bagi Indonesia. Tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Mengambil momentum untuk memperingati lahirnya Pancasila, LBH bekerja sama dengan Sketsaku dan jaringan masyarakat sipil lainnya mengajak masyarakat untuk melakukan sejumlah ekspresi seperti musik, fotografi, film dan tarian di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

 

Reformasi, tindakan intoleransi dan upaya penyeragaman masih sering terjadi di Indonesia. Tidak heran jika kelompok-kelompok intoleransi banyak bertindak anarkis dan memakan korban jiwa. Hal-hal seperti itulah sebagai keprihatinan bangsa Indonesia yang mendalam. Dengan semangat keragaman kita jadikan Pancasila sebagai rumah bersama. Indonesia melalui “Bhineka Tunggal Ika” yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu, sudah seharusnya tidak alergi dengan perbedaan. Perbedaan bukan berarti perpecahan, perbedaan adalah kekayaan negeri ini.

Lewat sebuah gerakan bernama Beda.Is.Me, mengajak masyarakat Indonesia untuk saling menjaga dan menghargai keberagaman yang ada di negeri ini. Gerakan Beda.Is.Me ini mengacu kepada Pancasila dan berpegang pada prinsip anti kekerasan serta memberi ruang untuk kreativitas kultural dimana masyarakat dapat berekspresi dalam merayakan keberagaman.

“Mengingat kata-kata Gus Dur, Indonesia ada karna perbedaan. Keputusan bersama pendiri bangsalah yang satukan kita,” ujar Alissa Wahid yang kala itu memberikan tanggapan dalam acara Beda.Is.Me. Selain itu dalam panggung ekspresi Mayong selaku Direktur LBH Jakarta mengajak masyarakat kembali ke beberapa tahun yang lalu di hari yang sama untuk memaknai nilai-nilai luhur Pancasila dengan harapan bahwa Indonesia memiliki masa depan yang baik, bersahabat dan bertoleran.

Acara tersebut dimeriahkan juga oleh STAH Dharma Nusantara, Okky Madasari, Komunitas Rumpin, Perwakilan GKI Yasmin, Perwakilan HKBP, Perwakilan Swara, Perwakilan Ahmadiyah, Perwakilan Syiah Sampang, Pidi Baiq, dan Fortuna Band. Puncak Acara Gerakan Beda.Is.Me ini ditutup dengan menyanyikan lagu “Pancasila, Rumah Kita”.

 

Editor: Namira Daufina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s