Ruang Unjuk Gigi Brand Lokal

Standard

Oleh : M. Jordan Haikal

Distrik Online, Jakarta – Bermula dari event bazzar rutin 6 bulan sekali yang digagas oleh keluarga Wiryono yakni Anton, Hogi, Amel dan Cyntia Wiryono maka kini muncul lah retail store yang akrab di benak kita sebagai surganya brand lokal dengan kualitas terbaik di negeri ini. The Goodsdept menjawab semua keraguan dan membuat produk lokal berani unjuk gigi di pentas persaingan melawan brand-brand ternama baik dalam maupun luar negeri.

Melihat kesuksesan dan minat masyarakat yang besar terhadap Brightspot Market yang rutin mereka adakan,maka  keempat orang ini memutuskan untuk membuat usaha ini menjadi suatu tempat yang akan memberi ruang kepada brand lokal secara permanen. Niatan ini bersambut baik dengan kehadiran Bapak Feli yang bersedia berinventasi dan membantu menjalankan usaha ini.

Toko pertama The Goodsdept terletak di lantai 4 Plaza Indonesia, setelah hampir 2 tahun berlokasi di sana akhirnya The Goodsdept pindah lokasi dan langsung mengambil dua lokasi strategis di Jakarta yakni Pondok Indah Mall dan Pacific Place.

Keduanya terlihat kontras, yang satu identik dengan kalangan remaja dan kesehariannya yang santai sementara yang lain identik dengan kalangan menengah ke atas dan mobilitasnya yang tinggi. “Di PIM itu supaya langsung ke target kita yang memang fokusnya remaja, sedangkan yang di PP (Pacific Place) itu juga menjaga eksklusivitasnya kita. Jadi target dan citra yang mau dibangun berjalan beriringan,” ujar …

Dengan konsep toko yang dibuat layaknya sebuah gudang besar dengan penerangan yang remang-remang, kita diajak berkenalan dengan lebih dari 150 brand yang terdiri dari beragam jenis produk mulai dari pakaian, aksesoris, hingga bangku dan buku-buku unik hasil kreasi sendiri.

“Sebenarnya yang sedang bergabung di Goods Dept sendiri kurang lebih 200 brand yang terdiri dari gabungan brand lokal dan luar. Namun untuk brand luarnya tidak lebih dari 30%. Itu pun hanya merk tertentu karena sesuai dengan tujuan kami untuk menaikkan awareness masyrakat kepada kehadiran dan keberadaan brand lokal,” ujarnya menambahkan.

Jika kita berkeliling dan masuk ke ujung dalam Goods Dept PIM, maka kita akan menjumpai sebuah café yang memang merupakan bagian dari Goods Dept. Ya, selain menjual produk-produk siap pakai, Goods Café juga hadir untuk memanjakan pengunjung yang sekadar ingin bersantai dengan suasana yang nyaman dan jauh dari hingar bingar mall meski berada di dalam mall.

Selain memiliki Goods Café, ada juga Goods Diner yang hadir untuk memenuhi keinginan eksklusivitas dan private maka itu lokasi yang dipilih pun berada di tengah SCDB (Sudirman Central Business District), sehingga langsung menjangkau segmen pasar yang memang menengah ke atas. Seolah berdampingan dengan Goods Dept PP.

Sebagai salah satu pionir dalam mengangkat nama dan mendukung kemajuan brand lokal, Goods Dept melihat saat ini brand lokal sudah mendapat tempat sendiri di hati masyarakat Indonesia. “Kepercayaan dan rasa bangga itu sudah mulai hidup. Terlihat jelas dengan semakin ramai dan sadarnya masyarakat akan kehadiran Goods Dept ditengah mereka,” tambahnya.

Untuk kedepannya tentu masih banyak yang akan disiapkan oleh Goods Dept salah satunya adalah peresmian toko mereka yang ketiga, namun masih dirahasiakan lokasinya hingga saat ini. Sedangkan dengan melihat semakin banyaknya pesaing yang muncul tidak malah menyurutkan semangat tim Goods Dept.

“Kita yang harus stay dan bertahan. Karena ada saingan itu yang ngebuat kita berusaha terus lebih baik. Justru dengan kehadiran mereka kita harus bisa nunjukkin ke masyarakat kalau kita masih akan terus memberikan yang terbaik bagi mereka diantara beragam pilihan lainnya,” tutupnya.

Editor : Namira Daufina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s